83 views

KPA Level 2 untuk Setiap Elemen (Infrastructure)

Elemen 1. Peran dan Layanan Pengawasan Intern

Kapabilitas APIP berada pada level 2 untuk Elemen Peran dan Layanan Pengawasan Intern artinya APIP telah memenuhi KPA yaitu memberikan layanan pengawasan ketaatan (compliance auditing). Pengawasan ketaatan yang dilakukan oleh APIP bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa area, proses atau sistem operasional obyek audit telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undanganan yang berlaku.

Dokumen pendukung internalisasi KPA tersebut antara lain adanya mandat melaksanakan audit ketaatan dalam piagam audit, PKPT audit ketaatan, pedoman audit ketaatan, realisasi kegiatan audit ketaatan (surat tugas dan kelengkapannya, laporan audit ketaatan, tanggapan auditan).

Elemen 2. Pengelolaan SDM

Kapabilitas APIP berada pada level 2 untuk Elemen Pengelolaan SDM artinya APIP telah memenuhi KPA yaitu (1) APIP telah mengidentifikasi dan merekrut SDM yang kompeten, sehingga kegiatan pengawasan dilaksanakan oleh SDM yang kompeten, (2) APIP telah melakukan pengembangan profesi bagi auditor melalui pendidikan dan pelatihan, program pengembangan mandiri/program pelatihan di kantor sendiri, dan bentuk pengembangan lainnya.

Dokumen pendukung internalisasi KPA tersebut antara lain dokumen penyusunan kebutuhan tenaga auditor, dokumen uraian jabatan dan PKPT, perencanaan dan realisasi pelatihan baik di kantor sendiri maupun pendidikan dan pelatihan penjenjangan dan substansi.

Elemen 3. Praktik Profesional

Kapabilitas APIP berada pada level 2 untuk Elemen Praktik Profesional artinya APIP telah memenuhi KPA yaitu (1) APIP telah menyusun perencanaan pengawasan berdasarkan pada prioritas manajemen/pemangku kepentingan, (2) APIP telah memiliki kerangka kerja praktik profesional berikut prosesnya (menetapkan standar pelaksanaan audit, kode etik, pedoman audit, SOP pelaksanaan audit).

Dokumen pendukung internalisasi KPA tersebut antara lain PKPT, piagam audit internal yang memberikan kewenangan auditor untuk mengakses data, pedoman pelaksanaan pengawasan intern, pedoman kendali mutu.

Elemen 4. Manajemen dan Akuntabilitas Kinerja

Kapabilitas APIP berada pada level 2 untuk Elemen Manajemen Kinerja dan Akuntabilitas Kinerja artinya APIP telah memenuhi KPA yaitu (1) APIP telah memiliki rencana kinerja, (2) APIP telah memiliki anggaran operasional untuk kegiatan pengawasan.

Dokumen pendukung internalisasi KPA tersebut antara lain rencana kinerja, dokumen anggaran, reviu atas dampak pembatasan anggaran operasional pengawasan.

Elemen 5. Hubungan dan Budaya Organisasi

Kapabilitas APIP berada pada level 2 untuk Elemen Hubungan dan Budaya Organisasi artinya APIP telah memenuhi KPA yaitu adanya pengelolaan tugas pokok dan fungsi-fungsiĀ  di internal APIP.

Dokumen pendukung internalisasi KPA tersebut antara lain identifikasi kebutuhan sumber daya untuk melaksanakan pengawasan, struktur organisasi dan penjabaran tugas pokok dan fungsi.

Elemen 6. Elemen Struktur Tata kelola

Kapabilitas APIP berada pada level 2 untuk Elemen Struktur Tata Kelola artinya APIP telah memenuhi KPA yaitu adanya hubungan pelaporan formal telah dibangun baik pelaporan fungsional maupun pelaporan administrasi. Dokumen pendukung internalisasi KPA tersebut antara lain struktur organisasi dan tata kerja APIP, piagam audit dan SOP pelaksanaan pengawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *